Senin, Februari 18, 2008

BLOG KESEHATAN : Media Komunikasi Pasien & Dokter


Salah satu media internet yang kini makin populer adalah blog, salah satunya blog kesehatan/kedokteran. Blog kedokteran/kesehatan Indonesia yang dimaksud adalah blog yang menyatakan dikelola oleh dokter, baik dokter umum,spesialis, dokter gigi atau mahasiswa kedokteran baik pribadi maupun komunitas masyarakat.

Sebagai sebuah media sosial , blog menawarkan interaktivitas, pengunjung atau pembaca dapat memberikan komentar pada tiap tulisan, sehingga tercipta komunikasi dua arah. Penulis blog dapat mengelola komentar blog yang masuk via e-mail nya.

konsep berbagi dan interaktivitas melalui internet membuka cakrawala baru bagi hubungan pasien dan dokter. Selama ini mungkin kita telah mengenal adanya mailing list atau situs-situs kedokteran,namun blog memiliki nuansa personalisasi bagi perorangan ataupun kelompok.

Sering kali pada blog dicantumkan tulisan bahwa blog kedikteran tersebut tidak berhubungan dengan institusi atau atau organisasinya. Tidak pula bermaksud untuk menggantikan nasihat dokter saat konsultasi di ruang praktek.

Beberapa tulisan dapat berupa pendapat pribadi , pengalaman , atau review tulisan atau penelitian lain.

Terbukanya jalur komunikasi pasien - dokter lewat internet ini berpeluang mengurangi terjadinya medical error, juga menuai konsekuensi bagi pasien dan dokter :

1. informasi yang tersedia di blog tetap harus disaring kembali kebenarannya.

2. Tentu dapat memudahkan, tetapi tetap tidak dapat menggantikan sentuhan/kontak langsung pasien-dokter.

3. sebagai media penyampaian informasi oleh dokter.


Dengan ketersediaan akses internet yang makin mudah dan murah, kita harapkan orientasi dan kebutuhan informasi kesehatan masyarakat meningkat sehingga dapat memperbaiki derajat kesehatan masyarakat.

Tidak ada komentar: